Admin - Info Terapi

Admin - Info Terapi

Terapi Bambu

Pijat dengan tangan mungkin sudah biasa. Namun bagaimana jika kini Anda bisa mencoba sensasi terapi lain untuk mengatasi otot-otot tubuh yang tegang? Dengan pijatan bambu, misalnya. Seperti apa pijat bambu ini?

Tidak sembarang media bambu yang digunakan. Jenis yang dipakai berbeda dari kebanyakan bambu yang ada. Bahkan tidak ditemukan di Indonesia. Bambunya asli didatangkan dari Jepang maupun Cina sebagai penghasil bambu yang baik. Ukuran bambu yang digunakan untuk memijat adalah bambu khusus yang panjangnya sudah disesuaikan dengan tangan terapis. Bambu ukuran 20cm biasa dipergunakan untuk treatment di bagian kaki, dan ukuran 30cm digunakan untuk pemijatan bagian punggung. “Selama perawatan, terapis mengombinasikan antara pijatan bambu dengan pijatan tangan selama 90 menit,” papar Icha, Pemilik Bambu Spa.

Pemijatan

Terapi pijat bambu dimulai dari bagian bawah tubuh, yaitu betis dan telapak kaki. Sebelum dipijat area kaki diolesi minyak aroma terapi dan garam. Tahap awal pengunjung harus merendamkan kaki ke air garam dahulu. Setelahnya baru dilakukan pemijatan dengan media bambu yang digerakkan ke atas dan bawah. “Kalau otot betis Anda ada yang tegang, pijatan ini akan terasa sedikit sakit. Anda bisa meminta terapis untuk mengurangi tekanan pada area yang sakit tersebut,” katanya.

Setelah otot – otot yang tegang di area kaki sudah mengendur, pijatan dilanjutkan ke area punggung dengan titik – titik dan arah pijatan tertentu. Bagi Anda pekerja yang banyak memakai laptop atau gadget untuk bekerja, pijatan bambu ini terasa pas saat memijat area pundak atau bahu yang tegang karena terlalu sering menunduk saat memakai berbagai alat tersebut. “Untuk mengakhirinya, pelanggan diluluri oleh garam guna mengangkat kotoran dan sel – sel kulit mati, lalu sesi diakhiri dengan proses steam,” tambahnya.

Manfaat dari pijat bambu

Pijatan bambu ini manfaatnya memang untuk meredakan ketegangan otot tubuh. Batang bambu yang lebar dan halus lebih maksimal mengendurkan otot – otot ketimbang tangan. Batang bambu ini juga menghantarkan panas ke tubuh sehingga saat dipijat rasa hangat menyebar ke area persendian yang tegang. “Bambu mengandung ion-ion positif, magnesium, selsium. Zat-zat tersebut dipercaya mudah menyerap racun atau polutan dalam tubuh dengan cepat,” jelasnya. Maka metode bambu ini dapat menghaluskan kulit dan membantu mobilitas lemak yang ada dalam tubuh. Sehingga partikel lemak yang sudah menebal bisa menipis.

Pijatan bambu juga diberikan di bagian tubuh depan. Hanya saja untuk bagian tubuh depan, biasanya bambu digunakan untuk memijat area kaki dan tangan saja. Untuk area perut dan pundak depan, terapis menggunakan tangannya untuk memijat. Agar relaksasi lebih maksimal, Anda bisa mengombinasikan pijat bambu ini dengan Sakura Japanese Whitening Hair and Body Spa, yakni lulur menggunakan beras dengan formula esensial dari bunga sakura.

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Leave a Reply

Close Menu